Hukum Ibadah Haji

Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji,
niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki,
dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh
(QS Al Hajj 22:27)

Ibadah Haji merupakan ibadah yang ingin dilakukan oleh semua umat Islam yang bertakwa kepada Allah. Meskipun umat mempunyai biaya untuk pergi haji, belum tentu mereka ingin melakukan ibadah haji. Bahkan sebaliknya ada umat yang secara keuangan biasa saja bahkan kurang namun ingin sekali pergi ke Baitullah.

Biasanya mereka yang sudah mampu secara keuangan untuk pergi haji tapi tidak mau pergi haji, ada 1001 alasan bagi mereka-mereka yang tidak mau memenuhi panggilan Allah. Salah satunya belum ada panggilan, mereka tidak pernah sadar (atau tidak mau sadar) bahwa dengan dicukupkan rezekinya itu merupakan panggilan haji dari Allah.

Kalau saja umat Islam mengetahui hukum haji, pasti jamaah haji Indonesia lebih banyak dari saat ini. Hukum Haji adalah fardhu (wajib), sebagaimana ijma’ kaum muslimin. Maksudnya, berdasarkan Al-Qur’an, hadits dan ijma’ (konsensus) kaum muslimin; ia merupakan salah satu rukun Islam. Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman,

Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam. (QS Ali ‘Imran 3:97)

al hajj 27

Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh (QS Al Hajj 22:27)

Dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Islam itu dirikan atas lima pondasi, bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah dengan sebenarnya kecuali Allah dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan -Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat , berhaji dan melaksnakan puasa ramadhan”. (HR Bukhari 1/20 no: 8 dan Muslim 1/45 no: 16)

Dari Abi Hurairah radhiallahu anhu bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda di dalam khutbahnya, “Wahai seklian manusia sesungguhnya Allah telah mewajibkan haji bagi kalian maka berhajilah”. (HR Muslim 2/975 no: 1337)

Dari Abi Sa’id Al-Khudri rahillahu’anhu berkata: Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman: Sesungguhnya seorang hamba yang aku berikan kesehatan pada jasadnya, Aku luaskan rizki di dalam kehidupannya lalu berlalu baginya lima tahun dan dia tidak datang kepada -Ku maka sungguh dia termasuk orang yang terhalang dari rahmat -Ku”. (HR. Ibnu Hiiban 9/16 no: 3703)

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 10.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
Hukum Ibadah Haji, 10.0 out of 10 based on 1 rating